Analisis Kebijakan Pemerintah Kota Makassar terkait Sektor Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya dan Potensi Pengembangannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
DOI:
https://doi.org/10.21776/jtg.v4i2.74Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan kebijakan pemerintah Kota Makassar terkait pengembangan sektor ekonomi kreatif berbasis budaya dan potensi pengembangannya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Secara umum, kebijakan pemerintah Kota Makassar terkait pengembangan sektor ekonomi kreatif berbasis budaya masih minim. Dan belum didasari dengan skema pengembangan yang utuh dan komprehensif. Sehingga aktivitas ekonomi kreatif berbasis budaya tidak hanya dapat berkontribusi secara ekonomi namun lebih jauh bagi upaya membangun kota yang mengedepankan budaya sebagai modal pembangunannya. Dalam konteks regional, khususnya dalam menghadapi MEA, Kota Makassar dapat menjadikan sektor ekonomi berbasis budaya untuk berkiprah secara regional. Tidak hanya dalam konteks ekonomi, namun juga dalam upaya untuk membangun keeratan regional (regional cohesiveness) yang sangat dibutuhkan dalam proses penguatan kawasan.
Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Budaya, Kota Makassar, Masyarakat Ekonomi ASEAN
References
Website
Agus Widarsono, Strategic Value Chain Analysis: Suatu Pendekatan Manajemen Biaya, http://agusw77.files.wordpress.com/2009/06/analisis-rantai-nilai- value-chain- analisis.pdf
Apa itu Ekonomi Kreatif, Diunduh dari http://gov.indonesiakreatif.net/ekonomi- kreatif/
Creative Cities Network Mission Statement, Diunduh dari http://www.unesco.org/new/fileadmin/MULTIMEDIA/HQ/CLT/pdf/
Missi on_statem ent_Bologna_creative_cities_meeting.pdf
http://www.unesco.org/new/en/culture/themes/creativity/creative-cities- network/about-creative-cities/
Incheon Berbagi Pengalaman Jadi Kota Kreatif UNESCO, Diunduh dari http://www.antaranews.com/berita/407445/incheon-berbagi-pengalaman- jadi-kota- kreatif-unesco
http://www.creativeeconomy.com/
Program Ekonomi Kreatif. http://program.indonesiakreatif.net/creative-economy/
Buku
Howkins, John. 2013. Creative Economy: How People Make Money from Ideas (second edition). Penguin Global Publisher.
Lisa Harison. 2007. Metodologi Penelitian Ilmu Politik (terjemahan). Jakarta: Penerbit Kencana
Keane, Jodie. 2008. A new Approach to Global Value Chain Analysis. Overseas Development Institute.
Laporan
Creative Economy Report 2013 (Special Edition) “widening local development pathways. Publshed by United Nations Development Program: New York.
Wawancara
Wawancara dengan Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Kota Makassar