Perkembangan Aspek Keamanan Ekonomi dalam Konsep Human Security

Authors

  • Hidayat Chusnul Chotimah Jurusan Hubungan Internasional Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21776/jtg.v4i1.70

Abstract

Paradigma keamanan saat ini telah berkembang dari sekedar keamanan yang berfokus pada negara dan batas-batasnya dengan menggunakan kekuatan militer sebagai strategi menjaga stabilitas negara kemudian meluas pada aktor individu dan menyangkut aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan kebebasan politik. Konsep keamanan tradisional yang berfokus pada militer dianggap belum bisa memberi jaminan keamanan kepada masyarakat di suatu negara. Dari sinilah kemudian keamanan berubah haluan dari negara menjadi individu dan ancaman tidak lagi hanya berupa militer tetapi juga non-militer. Ide tentang keamanan manusia pun membuat keamanan dan pembangunan menjadi saling bersinggungan. Keduanya kemudian menjadi satu pada tahun 1994 pada saat UNDP meluncurkan Human Development Report yang secara eksplisit berfokus pada topik keamanan manusia. Dalam laporan ini juga dijelaskan bahwa ancaman terhadap keamanan manusia dapat dikelompokkan menjadi tujuh kategori dimana salah satunya adalah keamanan ekonomi. Dalam konteks keamanan ekonomi, di dalam paper ini akan membahas lebih jauh cakupan dari keamanan ekonomi yang tidak hanya berfokus pada actor negara tetapi juga individu. Oleh sebab itu, ada dua tingkat analisis dalam yang akan dibahas dalam konteks perkembangan keamanan ekonomi dalam konsep human security. Pertama, pada level negara dan antar-negara (inter-state), di mana ekonomi diperlakukan sebagai faktor penentu keamanan negara, dan dampak keamanan negara pada kemakmuran ekonomi diperhitungkan dalam pertimbangan ekonomi. Kedua, pengembangan teori ekonomi dihadapkan dengan keamanan ekonomi non-negara seperti entitas sosial yaitu individu.

References

Ahmed, Nafeez Mosaddeq, Oktober 2004, ‘The Globalization Of Insecurity: How The International Economic Order Undermines

Human And National Security On A World Scale,’ Historia Actual Online, United Kingdom: Institute for Policy Research & Development.

Andruseac, Gabriel, 2015, ‘Economic Security New Approaches in the Context of Globalization’, Centre for European Studies Working Papers, Vol. VII, No. 2.

Buzan, Barry, 1991, ‘New Patterns of Global Security in the Twenty-First Century’. International Affairs, Vol.67 No.3.

_________________, People, States and Fear: An Agenda for International Security Studies in The Post Cold War Era. London: Harvester Wheatsheaf.

Ghai, Dharam, 1997, ‘Economic Globalization, Institutional Change and Human Security,’ United Nations Research Institute for Social Development.

Kim, Samuel S., Juni 1984, ‘Global Violence and a Just World Order,’ Journal of Peace Research, no. XXI-2.

King, Gary dan Murray, Christopher J. L., 2001, ‘Rethinking Human Security’. Political Science Quarterly. Vol.116. No.4.

Mesjasz, Czeslaw, 2008, ‘Economic Security,’ dalam Hans Günter Brauch (eds.), Globalization and Environmental

Challenges, Berlin : Springer Berlin Heidelberg, hlm. 569-580.

Ronis, Sheila R, 2010, ‘Economic Security Neglected Dimension of National Security?’, Center for Strategic Conferencing Institute for National Strategies Studies, National Defense University Press.

United Nation Development Programme, 1994, Human Development Report 1994, New York : Oxford University Press.

Tang, Siew Mun, 2015, ‘Rethinking Economic Security in A Globalized World,’ Contemporary Politics, terbitan online dari Routledge Taylor & Francis.

Tickner, J. Ann, 1995, ‘Re-visioning Security’, dalam Smith Ken, Steve (eds.), International Relations Theory Today, Oxford: Polity Press.

Downloads

Published

2017-07-31